Thursday 2 August 2012

Seagate Expansion Drive 1TB convert to Internal HDD

Siapa yang ga eteb coba, baru nyalain komputer, lgsg dah tuh HDD kaga kebaca. . .
terus pc restarting mulu. . Ehm.....
Ga pake lama itu HDD lgsg gw copot dah. Bongkar pc, coba reattach cable sata di hdd, nyalain lagi, eh.... Tetep ga bisa. . . Muka Panik dah gw. . . Mana duit ga ada lagi buat beli HDD baru "anak kuliahan banget kan, beli ini itu perhitungan, tp kalo rokok 1 ato 2 bungkus sehari mah jabanin. .ahahha". But seriously, HDD skg pada mahal - mahal harganya. Alasannya sih Pabrik Thailand lagi kebanjiran. . banjirnya ga tau dah udah berapa lama, 1 tahun x ya. .ahaha..

Well, mulai kepikiran dah ini ama HDD external yang gw beli di tahun 2009, Seagate Expansion Drive. 'Gimana kalo ini HDD external gw pindah ke dlm pc'. . haha. . .


Ya sudah, langsung deh tu HDD dibongkar. .
Lumayan lah, 7200rpm 1tb seagate barracuda. . . Jadul sih, but still capable of doing major task. . . Alhasil,ni seagate gw format ulang dan gw install 7. . . Sekarang, PC kembali bekerja normal. . .

So, buat temen - temen yang punya pengalaman yang sama kaya gw, or whatever and whatsoever, ni tips dari gw, kalo lagi kepepet ya pake HDD external aja jadiin internal or maybe you can use your external hdd as your primary data which has OS, Programs, Documents, and so on. .

Buat yang iseng - iseng pengen bongkar HDD Seagate kalian, juga bisa kok. caranya simple.
  • ambil obeng minus (-) dan congkel sisi pinggiran dari hdd lo. (sisi yang bisa di buka, sisi kanan, kiri , dan belakang, sisi depan ga bisa dibuka karena ada apa sih ya namanya, liat ada dah sendiri di foto gw selanjutnya. .a hahah.  (dengan cara, sisi kanan - kiri bergantian, jangan semua di sisi kiri dulu, baru kanan semuanya, terus depan semuanya, baru belakang, jgn, pokoknya harus bergantian, sampai terdengar suara 'clik / tek/ aw/ aduh/ '  baru dah pindah sisi lainnya., supaya itu pengait yang ada di dalam hdd ga rusak, kalo pny gw sih pengaitnya udah rusak, karena gw ga hati2 ngebongkarnya. hahaha.
  •  nah, sekarang sisi kanan kiri dan belakang sudah kelar dibuka, dan 'voila' 
  • nah, kemudian lo tarik dah itu hdd keluar dari sangkarnya. hahaha.. 
  • ini dia si hdd seagate 

  •  And Then, lo buka skrup yang ada disisi kanan hardisk dengan obeng plus (+) kemudian,lepaskan isolasi dari kabel tsb, dan tarik hardisk keluar dari besi aluminium yang kecil dan tipis. . 
  • nah ini dia foto hdd expansion yang udah gw bongkar,dan siap buat di masukin dalam casing pc gw ahahaha. . 




Selamat mencoba temen - temen. peace yo! 


No comments:

Post a Comment